FORM
PENGAJUAN JUDUL OUTLINE PROPOSAL PENELITIAN
(SKRIPSI)
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
 
 
NAMA                                                : NUR
ROHMAN EKO AGUSTIYANTO
NIM                                                    : 12510029
JURUSAN/KONSENTRASI                        : MANAJEMEN/PEMASARAN
BIDANG KAJIAN                             : PENERAPAN
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA PT. COATS REJO
INDONESIA.
1.  Judul
“Penerapan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada PT. Coats Rejo Indonesia.
2.  Latar Belakang Masalah 
            Kemajuan  teknologi, 
komunikasi,  dan  informasi 
mendorong berlangsungnya 
globalisasi  dunia  dengan 
cepat  dan  dinamis. 
Globalisasi tersebut membawa perubahan dalam berbagai bidang kehidupan
seperti bidang sosial, ekonomi, dan budaya. Khususnya fenomena ekonomi yang
mempunyai implikasi  luar  biasa 
terhadap  perubahan  tatanan 
kerja  sama  dan 
persaingan bisnis serta peranan pemerintah diberbagai penjuru dunia.
Oleh karena itu hal ini  telah  menuntut 
para  pelaku  usaha 
untuk  terus  berfikir 
kritis  dalam menghadapi  persaingan 
yang  semakin  kompetitif, 
karena  persaingan  tidak hanya 
datang  dari  persaingan 
usaha  lokal  tetapi 
telah  merambah  ke usaha global.  Jika 
para  pelaku  usaha 
tidak  siap  untuk 
menghadapi  persaingan sekarang
ini, berbagai dampak dan efek dapat timbul dari persaingan tersebut. Tidak  hanya 
mengakibatkan  volume  penjualan 
produk  yang  menurun, kehilangan daerah pemasaran produk,
bahkan dapat mengancam kelangsungan 
hidup perusahaan.
            Dengan
dunia persaingan yang semakin ketat dan tak bisa di hindari, maka perusahaan
harus merumuskan strategi perusahaan yang tepat dalam menghadapi persaingan
tersebut. Menurut  Hunger  dan 
Whelan  (2001: 16)  strategi adalah  rumusan 
perencanaan  komprehensif  tentang bagaimana perusahaan akan mencapai
misi dan tujuannya. Strategi  akan  memaksimalkan 
keunggulan  kompetitif  dan memaksimalkan  keterbatasan 
bersaing.  Strategi  yang diterapkan dalam sebuah perusahaan yang
sudah memasuki persaingan  dalam  pasar 
global  harus  berskala 
besar,  dan rencana  strategi 
yang  dibuat  harus 
berorientasi  pada  masa depan 
agar  dapat  berinteraksi 
dengan  lingkungan  yang kompetitif  untuk 
mencapai  tujuan  perusahaan.  
Konsep  inti 
pemasaran  menurut  pendapat 
di  atas  menjelaskan 
bahwa ada  beberapa  hal 
yang  harus  dipenuhi 
dalam  terjadinya  proses 
pemasaran. Dalam pemasaran terdapat produk sebagai kebutuhan dan
keinginan orang lain yang memiliki nilai sehingga diminta dan terjadinya proses
permintaan karena ada yang melakukan pemasaran. Menurut Philip Kotler (2005:
10) pemasaran  adalah  proses 
sosial  yang  dengan 
mana  individu  dan kelompok 
mendapatkan  apa  yang 
mereka  butuhkan  dan 
inginkan dengan  menciptakan,  menawarkan, 
dan  secara  bebas mempertukarkan produk dan jasa yang
bernilai dengan pihak lain.
            Strategi
pemasaran mempunyai  peranan  sangat 
penting  dalam membantu kesuksesan
suatu perusahaan. Disamping itu strategi 
pemasaran  yang  diterapkan 
harus  ditinjau  dan 
dikembangkan  sesuai dengan
perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi
pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang  apa 
yang  dilakukan  perusahaan 
dalam  menggunakan  setiap  kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran
pasar. 
PT. Coats Rejo
Indonesia merupakan sebuah industri tekstil yang khusus bergerak dalam bidang
benang. Hasil produksi PT. Coats Rejo Indonesia adalah benang dengan berbagai
macam ukuran. Permintaan pasar terhadap produksi benang sangatlah tinggi, sehingga
PT. Coats Rejo Indonesia selalu berusaha menjaga kualitas dan mutu produk
dengan harapan dapat bersaing di pasar global, memperluas pasar dan
memperbanyak kapasitas ekspor.
Berdasarkan paparan
latar belakang diatas, peneliti mengangkat konsep tersebut sebagai bahan
penelitian skripsi dengan judul “Penerapan
Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif
Pada PT. Coats Rejo Indonesia.”.
3.  Rumusan Masalah
1.     
Bagaimana analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan
kompetitif pada PT. Coats Rejo Indonesia?
2.     
Apa saja faktor-faktor  internal dan
eksternal yang dihadapi PT. Coats Rejo
Indonesia serta usaha apa yang harus dilakukan perusahaan untuk
mengatasi hambatan tersebut?
- Bagaimana implementasi strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada PT. Coats Rejo Indonesia?
4.     
Penelitian
Terdahulu 
- Skripsi: Analisis Strategi Pemasaran Usaha Jasa Pembuatan dan perbaikan Furniture UD. Suryani Furniture, Bogor, Jawa barat. Oleh: Putri Ardhanareshwari Hamardika Ningrum. Tahun: 2010.
- Skripsi: Analisis Strategi Pemasaran Minyak Kelapa Sawit (Craude Palm Oil) Pada PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara Jakarta. Oleh: Hamzah Muhammad Ali. Tahun: 2011.
- Tugas Akhir: Strategi Pemasaran Ekspor Dalam Memasuki Pasar Internasional Pada Perusahaan Dian Mandala. Oleh: Diana Dewi Kusumaningrum. Tahun 2009.
- Skripsi: Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Jaya Prima Makassar. Oleh: Reny Maulidia Rahmat. Tahun: 2012.
- Tesis: Reformulasi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Occupancy Room Rate Di Hotel Four Seasons Resort Jimbaran Bali. Oleh: Kadek Dewi Fadmawati. Tahun: 2011.
- Tesis: Strategi Pemasaran Kampung Batik Laweyan Solo. Oleh: Diana Elma Widyaningrum. Tahun: 2012.
5.   
Teori
yang Dipakai dan Sub-sub Teori 
a.       Hitt,
Michael A. dkk. 2012. Mendefinisikan manajemen Strategis: Daya Saing &
Globalisasi.  Jakarta: Salemba Empat.
b.      Hunger,
J. D. and Wheelen, T. L,. 2001. Mendefinisikan Strategic Management.
c.       Kotler,
Philip. 2003. Mendefinisikan Manajemen
Pemasaran. 
d.     
Keegan. Warren
J. 2007. Mendefinisikan Manajemen Pemasaran Global.
e.      
Porter, Michael
E. 2008. Mendefinisikan ruang lingkup Competitive Advantage. 
f.      
Porter, Michael
E. 1980.  Mendefinisikan Strategi
Bersaing. 
g.      Tjiptono.
1997. Mendefinisikan Strategi Pemasaran.
6.  Lokasi dan
Obyek Penelitian
            Penelitian
ini mengambil lokasi  pada PT Coats Rejo
Indonesia. Penelitian dilakukan di perusahaan tersebut, menggunakan akses
internet ke website resmi perusahaan yang bersangkutan serta link-link lainnya
yang dianggap relevan. 
Sedangkan obyek
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2000. Periode pengamatan yang dilakukan selama 3 bulan, yaitu pada tahun 2014.
7. Metode Analisis
Pada 
penelitian  ini  menggunakan 
metode  kualitatif,  yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan
data deskriptif berupa kata-kata tertulis 
atau  lisan  dari 
orang-orang  dan  perilaku 
yang  dapat  diamati. Metode  ini 
juga  sering  disebut 
metode  penelitian  naturalistik 
karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi alamiah (natural setting).
8. Catatan (diisi oleh LPEI)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
9.
Usulan Dosen Pembimbing
    
1. H. Slamet, SE.,
MM., Ph.D
     2.  Irmayanti
Hasan, ST., MM
Laboratorium Pengembangan Ekonomi
Islam
Ketua                                      
    
(Muhammad
Fatkhur Rozi, SE., MM)       
 
 
 
 
Thanks sharenya
ReplyDeleteJDlines
Saya mahasiswa uin malang konsentrasi marketing juga, bisa minta kontak atau pin peyan mas? Saya mau tanya2 lebih terkait outline. Trima kasih
ReplyDeletemonggo dek. WA/LINE: 087754388554
Deletethanks kak jadi gak bingung lagi nyari contoh buat bikin outline skripsi (y)
ReplyDeletesama2 dek. Smg lancar skripsinya.
Deletethanks
ReplyDeleteyou're welcome
Deletehi.. ka.. aku mahasiswi Stiami. boleh minta contack nya yah boleh share mengenai cara membuat outline yang baik yah karena. aku masih baru mau belajar membuatnya
ReplyDeletehi.. dek.. Iya boleh. WA/LINE: 087754388554
DeleteMas outline dan proposal tu sama kh
ReplyDeleteoutline lebih sederhana (beberapa lembar), sedangkan proposal bagian dari skripsi terdiri dari bab 1-3.
Deletetq :) , sangat bermanfaat sekali !!
ReplyDeletesama2
Deletemakasih mas ini sangat membantu mahasiswa yang kebingungan outline..
ReplyDeletesama2
Deletemaaf mas saya mau nanya untuk outline itu sebenarnya daftar isi atau bukan yaa karena saya masih bingung dengan outline, mohon dijawab mas karena kebetulan saya ada tugas membuat bab 1 skripsi.
ReplyDeleteterimakasih
bukan, outline itu prosedur sebelum mengerjakan skripsi. Kalo sdh mengerjakan bab 1 ga perlu ngerjakan outline. Tinggal dilanjutin bab I sampe bab berikutnya.
Deleteterimakasih ,sangat bermanfaat mas,semoga sukses selalu..
ReplyDelete